Chat with us, powered by LiveChat

BANDAR TOGEL TERPERCAYA MOTO4D

EMOSI MANUSIA – Pengertian, Pengelompokan, Macam-Macam dan Tahapannya

Sharing is caring!

EMOSI MANUSIA – Pengertian, Pengelompokan, Macam-Macam dan Tahapan dalam – Emosi adalah suatu perasaan yang pasti dimiliki setiap manusia. Semua orang pasti mengenal istilah yang satu ini, yang digunakan untuk menggambarkan apa yang dirasakan oleh seseorang ketika ada perubahan yang terjadi dalam kehidupannya sehari – hari.

Menurut English and English, emosi adalah “A complex feeling state accompained by characteristic motor and glandular activies” (suatu keadaan perasaan yang kompleks yang disertai karakteristik kegiatan kelenjar dan motoris).

Sedangkan Sarlito Wirawan Sarwono berpendapat bahwa emosi merupakan “setiap keadaan pada diri seseorang yang disertai warna afektif baik pada tingkat lemah (dangkal) maupun pada tingkat yang luas (mendalam).

Menurut Antonius Kurniawan (2014:113), emosi pada dasarnya menggambarkan perasaan manusia dalam menghadapi berbagai situasi yang berbeda, suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis, dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau sebuah kejadian tertentu. Sebagai contoh, emosi gembira mendorong perubahan suasana hati seseorang, sehingga secara fisiologi terlihat tertawa. Sedangkan emosi sedih mendorong seseorang berperilaku menangis.

Dalam kehidupan sehari – hari, pada umumnya kita akan melibatkan emosi ketika berbicara, memilih kata – kata, mengambil keputusan, memilih aktivitas berdasarkan apa yang kita rasakan saat itu. Emosi memang memegang peranan yang besar dalam kehidupan kita, dan merupakan salah satu hal yang menjadi penting dalam cara membentuk karakter anak usia dini dengan memperhatikan tahap perkembangan emosi anak។

Secara etimologi atau asal bahasa, emosi diambil dari bahasa Latin yaitu ‘movere‘ yang artinya “menggerakkan atau bergerak”. Kata ‘Movere’ lalu ditambah dengan awalan ‘e’ yang artinya ” bergerak menjauh”. Dengan demikian, definisi emosi adalah suatu gejala dari psiko fisiologis yang akan menimbulkan efek pada persepsi, sikap dan tingkah laku yang diwujudkan dalam bentuk suatu ekspresi tertentu. Memperhatikan emosi akan menjadi cara mendidik anak hiperaktif dan membentuk pola asuh anak usia dini.

A. Perbedaan Emosi dan Perasaan

Emosi mempunyai peran penting untuk kehidupan kita. Yang terpenting adalah, emosi merupakan bagian dari gen kita dan mempunyai kesamaan dari orang ke orang serta antar spesies. Emosi bersifat fisik dan berdasarkan insting manusia. Seorang manusia bisa mengenali emosi seperti amarah, kesedihan, kebahagiaan, dan lain – lain karena dia juga dapat merespon sesuatu hal dengan cara yang sama. Emosi membantu manusia untuk merespon keadaan lingkungan secara biokimia, termasuk respon pada penghargaan dan ancaman.

Sedangkan perasaan mengikuti kemunculan emosi berdasarkan respons bawah sadar akan emosi yang dialami. Respons ini akan bervariasi berdasarkan keadaan mental, pengalaman, kepercayaan dan ingatan. Perasaan dapat membangkitkan emosi lainnya, dan hal ini akan menjadi suatu siklus tersendiri

EMOSI MANUSIA – DEFINISI EMOSI MENURUT PARA AHLI

Untuk memberikan pengertian kepada istilah emosi, beberapa ahli mempunyai pengertian dan definisi yang mereka simpulkan sendiri. Beberapa pengertian mengenai emosi menurut para ahli yaitu:

DANIEL GOLEMAN

Daniel Goleman

Emosi menurut Goleman yaitu setiap kegiatan, pergolakan pikiran, nafsu, dan juga setiap keadaan mental yang dalam keadaan hebat dan sedang meluap – luap. Emosi merujuk kepada suatu keadaan pikiran yang khas secara biologis dan psikologis, juga adanya kecenderungan untuk mengambil tindakan berdasarkan perasaan tersebut. Jadi, pada dasarnya emosi adalah suatu dorongan untuk bertindak. (baca: Tahap Perkembangan Emosi Anak)

J.P. CHAPLIN

Pengertian emosi menurut Chaplin adalah suatu kondisi dimana satu individu mengalami rangsangan oleh perubahan – perubahan di sekelilingnya yang disadari dan sifat dari perilaku tersebut mendalam. Menurut Chaplin, emosi dan perasaan berbeda, dimana perasaan itu adalah pengalaman yang disadari, yang aktif oleh keadaan eksternal maupun macam – macam keadaan jasmaniah.

DON H. HOCKENBURY & SANDRA E. HOCKENBURY

Don H. Hockenbury & Sandra E. Hockenbury

Emosi adalah suatu kondisi psikologis yang kompleks yang melibatkan tiga komponen khususberbeda yaitu suatu pengalaman yang subyektif, respons psikologis, dan respons tingkah laku atau ekspresi.

B. PENGELOMPOKAN EMOSI

Emosi dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu emosi sensoris dan emosi kejiwaan (psikis). Berikut perbedaan antara emosi sensoris dan emosi psikis :

1.    Emosi sensoris, yaitu emosi yang ditimbulkan oleh rangsangan dari luar terhadap tubuh, seperti : rasa dingin, manis, sakit, lelah, dan lapar.

2.    Emosi psikis, yaitu emosi yang mempunyai alasan-alasan kejiwaan. Yang termasuk emosi ini, diantaranya adalah :
(a)    Perasaan Intelektual, yaitu yang mempunyai sangkut paut dengan ruang lingkup kebenaran. Perasaan ini diwujudkan dalam bentuk ;
(1) rasa yakin dan tidak yakin terhadap suatu hasil karya ilmiah ;
(2) rasa gembira karena mendapat suatu kebenaran ;
(3) rasa puas karena dapat menyelesaikan persoalan-persoalan ilmiah yang harus dipecahkan.

(b)    Perasaan Sosial, yaitu perasaan yang menyangkut hubungan dengan orang lain, baik bersifat perorangan maupun kelompok. Wujud perasaan ini seperti ;
(1) rasa solidaritas ;
(2) persaudaraan (ukhuwah) ;
(3) simpati ;
(4) kasih sayang dan sebagainya.

(c)    Perasaan Susila, yaitu perasaan yang berhubungan dengan nilai-nilai baik dan buruk atau etika (moral). Contohnya,
(1) rasa tanggung jawab (responsibility) ;
(2) rasa bersalah apabila melanggar norma ;
(3) rasa tenteram dalam menaati norma.

(d)    Perasaan Keindahan (estetis), yaitu perasaan yang erat dengan keindahan dari sesuatu, baik bersifat kebendaan maupun kerohanian.

(e)    Perasaan Ketuhanan. Salah satu kelebihan manusia sebagai makhluk Tuhan, dianugerahi fitrah (kemampuan atau perasaan) untuk mengenal Tuhannya. Dengan kata lain, manusia dikaruniai insting religious (naluri beragama). Karena memiliki fitrah ini, kemudian manusia dijuluki sebagai “Homo Divinans” dan “Homo Religius”, yaitu sebagai makhluk yang berke-Tuhan-an atau makhluk beragama.


C. JENIS – JENIS EMOSI MANUSIA

Emosi yang kita rasakan bukan hanya berupa satu bentuk saja, melainkan bisa dibedakan menjadi beragam istilah yang lebih cocok untuk menggambarkan apa yang dirasakan saat itu. Beragam jenis emosi yang ada yaitu:

1. CINTA: Penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, hormat

Ini adalah salah satu emosi yang paling penting dalam kehidupan manusia sehari – harinya. Manusia biasanya akan mencintai hal yang membuatnya bahagia, aman, dan nyaman. Perasaan cinta ini akan mengikat perasaan manusia dengan orang lain didekatnya seperti keluarga, teman, bahkan negaranya.

Motivasi untuk berkorban demi orang yang dekat atau bagi negara akan lahir dari rasa cinta yang dimiliki. Rasa cinta juga yang membuat seseorang dapat merasakan berbagai hal seperti empati, belas kasihan, kemurahan hati, dan memberi cara menjadi pribadi yang menyenangkan bagi seseorang, dan lain – lain.

2. Amarah : Beringas, mengamuk, benci, jengkel, kesal

Lawan dari cinta adalah benci. Itu berarti manusia yang merasakan emosi berupa kebencian akan merasakan ketidak sukaan kepada hal – hal yang tidak membuatnya bahagia, mendatangkan kesedihan, atau menyakiti dirinya.

Ketika sesuatu kehendak atau harapan seseorang terhadap suatu hal tidak terpenuhi karena adanya hambatan tertentu, maka bisa saja emosi alami yang muncul adalah rasa marah. Misalnya, merasa diperlakukan tidak adil oleh orang lain. Bila tidak dikendalikan, rasa marah ini dapat menjadi destruktif dan merusak diri sendiri serta orang lain.

Hal ini penting dilakukan sejak masih berusia dini, contohnya mencari cara mengatasi anak pemarah agar tidak berlanjut menjadi seorang yang tidak bisa mengendalikan amarahnya. Karena itulah seseorang perlu memiliki pengendalian diri yang kuat untuk mengelola amarahnya sendiri.(baca: Persepsi dalam Psikologi)

Emosi ini akan dapat mempengaruhi tanggapan seseorang terhadap suatu peristiwa atau aktivitas tertentu. Selain mempelajari emosi, ketahuilah juga bahwa ada bidang psikologi sosial yang bisa dipelajari dan juga kajian tentang kognitif, afektif, dan psikomotorik dari Bloom.

3. Takut : Cemas, gugup, khawatir, perasaan takut, waspada, tidak tenang

Salah satu emosi yang kerap dirasakan adalah takut. Ketika merasa terancam atau berada pada suatu situasi yang gawat, seseorang akan merasa takut karena merasa bahwa situasi itu dapat membuat dirinya tersakiti secara mental dan fisik. Namun rasa takut ini juga dapat memberikan manfaat bagi manusia, karena dapat membuat seseorang menjauhi bahaya dan merasakan inisiatif untuk memberikan perlindungan atau mencari perlindungan. Ada bebearpa bidang lain dalam psikologi, antara lain adalah psikologi diagnostik dan psikologi kepribadian.

4. Malu : Malu hati, kesal

Perasaan ini akan timbul ketika seseorang merasa telah melakukan suatu perbuatan yang tercela atau mempertaruhkan harga dirinya. Seseorang bisa merasa malu apabila ia tahu bahwa perbuatannya itu adalah suatu hal yang buruk dan tidak etis, serta takut bahwa perbuatannya itu akan diketahui umum. Ada sisi positif dari perasaan malu, yaitu bisa memberikan ciri kepribadian yang positif dengan mencegah seseorang melakukan perbuatan yang salah seperti bermaksiat dan berbuat dosa. Ada beberapa tipe kepribadian manusia, yaitu salah satunya adalah kepribadian ambivert dan kepribadian ganda.

5. Dengki / IRI HATI, Cemburu

Rasa dengki adalah emosi yang dimiliki oleh banyak orang, hanya kadarnya berbeda – beda setiap orang. Yang membedakan adalah kemampuan orang untuk mengelola perasaan negatif berupa dengki di dalam dirinya sehingga tidak menguasai seluruh tindakan serta sifatnya. Dengki muncul apabila merasa iri terhadap apa yang dimiliki orang lain, rasa mencintai apa yang menjadi milik orang lain dan mengharapkan bahwa hal itu akan menjadi miliknya juga. Dengki juga bisa timbul karena tidak suka melihat kesuksesan orang lain dan berharap dirinya lah yang menjadi nomor satu.

Cemburu ketika seseorang merasa cintanya tersaingi terhadap suatu objek tertentu, maka hal itu akan melahirkan perasaan cemburu dan semangat untuk bersaing memperlihatkan yang terbaik kepada objek cintanya. Emosi ini termasuk kepada perasaan yang menggelisahkan karena pada umumnya orang yang merasa cemburu tidak akan memperlihatkan perasaannya namun hanya menyimpannya dalam hati, karena anggapan bahwa memperlihatkan perasaan cemburu adalah perasaan yang memperlihatkan kelemahan seseorang. Sehingga ia akan gelisah sebelum dapat mengatasi rasa cemburunya tersebut. (baca: Konsep diri dalam Psikologi)

6. Kenikmatan : Bahagia, gembira, riang, puas, senang, terhibur, bangga

Emosi gembira akan dirasakan apabila seseorang merasa bahagia, dan itu berarti ada suatu hal yang menyenangkan hatinya. Orang biasanya merasa gembira apabila mendapatkan hal yang baik dalam hidupnya, atau mendapati bahwa harapannya terkabul sesuai dengan apa yang dia inginkan sejak awal atau mendapatkan hal yang menjadi tujuannya. (baca:Kecerdasan Interpersonal)

7. Terkejut : Terpana, terkejut

Emosi berupa perasaan terkejut akan dirasakan apabila seseorang tidak mempunyai persiapan atau tidak mengetahui apa yang akan terjadi. Terkejut bisa meliputi perasaan terkesiap, takjub dan terpana, serta terkadang perasaan tidak siap dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Perasaan ini bisa menjadi emosi yang negatif maupun positif, tergantung kepada alasan yang membuat seseorang terkejut. Terkadang, perasaan terkejut bisa menjadi cara mengenali potensi diri seseorang dalam mengatasi suatu situasi yang tidak terduga.

8. Kesedihan : pedih, sedih, muram, suram, mengasihi diri, putus asa

Sedih adalah emosi yang dirasakan ketika seseorang mengalami hal yang mengecewakan dan menyakiti hatinya. Juga mengalami kehilangan sesuatu yang disayangi atau dicintai, misalnya ketika putus cinta atau mengalami kematian orang terdekat. Rasa sedih bisa meliputi duka cita, depresi jika mengalami kesedihan dalam waktu lama. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional dalam psikologi akan mampu mengelola rasa sedihnya sebelum mencapai tahap depresi.

Beberapa jenis emosi ini mampu dirasakan oleh semua orang di seluruh dunia terlepas dari latar belakang dan budayanya, namun pengalaman merasakan emosi ini merupakan hal – hal yang benar – benar subjektif. Pengalaman pribadi terhadap emosi yang dirasakan ketika mengalami suatu kejadian akan membedakannya dengan emosi yang dirasakan oleh orang lain pada situasi yang sama.

Contohnya, ketika orang sedang marah, tingkat kemarahannya bisa berbeda – beda antara satu orang dengan lainnya. Begitu juga ketika sedang terkejut, orang yang lebih berpengalaman mungkin saja akan merasakan tingkat keterkejutan yang lebih ringan daripasa seorang yang tidak berpengalaman sama sekali. Seorang manusia jarang mengalami bentuk emosi yang murni, melainkan selalu berupa campuran antara berbagai emosi tergantung dengan situasi yang dialami.

D.    Tahapan Dalam Emosi

Dalam “The Expression of the Emotions in Man and Animals”, Darwin mengatakan bahwa emosi kita berkembang seiring waktu untuk membantu dalam memecahkan masalah. Emosi berguna untuk memotivasi seseorang dalam bertindak, bertahan hidup, mencari perlindungan, memilih pasangan, menjaga diri dari ancaman dan bahaya, dan untuk memprediksi perilaku orang lain.
Berikut adalah tahapan terjadinya emosi menurut Magda Arnol (2002) :

1.    Persepsi, fase penerimaan rangsang dari luar secara netral. Misalnya, seorang anak melihat kedatangan seekor anjing

2.    Penilaian, fase dalam tindakan penilaian terhadap rangsang yang dilihatnya atau diamatinya, apakah rangsangan itu menyenangkan atau malah membahayakan

3.    Emosi adalah perasaan kuat yang timbul akibat dari penilaian terhadap rangsang. Jika penilaiannya bersifat menyenangkan, maka kita akan merasa senang. Senaliknya, jika penilaiannya bersifat negative, kita akan merasa takut atau ngeri.

4.    Ungkapan lahir, yaitu bentuk ungkapan lahiriah yang menyertai emosi, sebagai akibat dari penilaian terhadap rangsangan. Misalnya, anak yang melihat anjing tadi jika menganggap anjing itu berbahaya, maka akan muncul emosi takut yang disertai muka pucat, tidak bisa berbicara, dan sebagainya.

5. Tindakan, fase terakhir dari tingkah laku yang disusupi emosi. Misalnya, anak yang merasa takut dengan anjing tadi akan mengambil berbagai tindakan untuk menghindarinya. Anak itu mungkin akan lari, mengusir anjing itu, atau berteriak meminta tolong.

Demikian penjelasan terkait jenis – jenis emosi yang sering terjadi dan dialami oleh kondisi psikis manusia dalam prespektif psikologi.

Mari Gabung Sekarang di MOTO4D!!!


Bandar Online Terpercaya, Teraman, Termurah.
Keuntungan bergabung:
➡ Minimal Deposit hanya Rp. 20.000,- ( No Bonus )
➡ Minimal Deposit Rp. 100.000,- ( Dapat Bonus Rp. 5.000 )
➡ Minimal Withdraw Rp. 50.000,-
➡ Minimal Betting di MOTO4D hanya Rp. 500,- perak.
BONUS LAINNYA:
➡ BONUS CASHBACK
● SKALA KEKALAHAN DALAM SEMINGGU UNTUK MENDAPATKAN BONUS CASHBACK:
► Level 1 Rp.100.000 s/d Rp.999.999 = 0,25%
► Level 2 Rp.1.000.000 s/d Rp.9.999.999 = 0,50%
► Level 3 Rp.10.000.000 – Ke Atas = 0,75%
➡ BONUS REFERRAL 1% – 2% Seumur Hidup
➡ Cukup daftarkan 1 ID Anda sudah bisa mainkan semua permainan yang tersedia

👉 TOGEL ONLINE
● Menyediakan 6 Pasaran Besar :
► Pasaran HESSE Tutup :02:00 Result:02:30
► Pasaran SYDNEY Tutup:12:30 Result:14:00
► Pasaran HYOGO Tutup:14:45 Result:15:15
► Pasaran SINGAPORE Tutup:17:25 Result:17:50
► Pasaran GANGWON Tutup:19:30 Result:20:00
► Pasaran HONGKONG Tutup:22:30 Result:23:00
● Potongan Diskon Bettingan:
4D ➤ 64%
3D ➤ 58%
2D ➤ 29%
BBFS ➤ 7 DIGIT
● Maximal LINE Betting
2D ➤ 70
3D ➤ 400
4D ➤ 1.000
👉 CASINO ( Roulette, Barcarrat , Sicbo ):
► ION CASINO
► WM CASINO
► SBOBET LIVE CASINO
👉 ⚽ BOLA ⚽
► SBOBET SPORTS
► IBCBET SPORTS
👉 ARCADE GG ( Tembak Ikan )
👉 SLOT

➡ Customer Service yang ramah siap melayani anda 24 Jam Non Stop

Bagi Yang Ingin Daftar Atau Gabung Di Moto4D :
👉Link Daftar Via Com : http://akujp.com
👉Link Daftar Via Mobile: http://akujp.com/m
👉Link Daftar Via Wap: http://akujp.com/wap
( Wajib Daftar!!! Karena JACKPOT PAUS di Moto4D akan di LUNASKAN LANGSUNG…. )

Buruan Ikuti juga Lomba Tebak 2D Belakang 4 Line hanya di Group MOTO4D
👉Group Facebook : https://www.facebook.com/groups/2028201184118464

Tambahkan dan Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut:
PIN BBM ➤ moto4d
LINE ➤ moto4d
WA ➤ +85598380937

SALAM JACKPOT PAUS BAGI MEMBER MOTO4D!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Welcome!

BONUS PROMO DEPOSIT HARIAN Rp 5.000
KABAR GEMBIRA KAK AKAN DI ADAKAN PERLOMBAAN DI GROUP MOTO4D
LOMBA YANG SANGGAT SIMPLE TEBAK 2D BELAKANG 4 LINE
HADIAH PERTAMA SEBESAR Rp 150.000
HADIAH KEDUA SEBESAR Rp 50.000
HADIAH KETIGA SEBESAR Rp 20.000
HADIAH KE4 DAN KE 5 Rp 10.000
KETENTUAN YANG HARUS DI IKUTI :
1. ANGGOTA LOMBA HARUS MEMPUNYAI AKUN DI BO MOTO4D
2. ANGGOTA LOMBA HARUS MELAKUKAN BETTINGAN MINIMUM Rp 20.000 SETELAH POTONG DISKON DI PASARAN YANG DI LOMBAKAN
3. KEMENANGAN LOMBA DI LIHAT DARI KECEPATAN BETTINGANNYA
4. MELAKUKAN EDIT ATAU SYUNTING DI ANGGAP HANGUS
CONTOH BETTINGAN :
(USER ) 12*52*56*44 #MOTO4D
https://www.facebook.com/groups/2028201184118464/